Perbedaan Drum Akustik dengan Drum Elektrik

Bukan rahasia umum bahwa drum telah menjadi salah satu instrumen musik yang paling populer di dunia selama bertahun-tahun. Seiring dengan kemajuan teknologi sekarang, drum memiliki dua jenis yang berbeda yaitu drum akustik dan drum elektrik. Kedua jenis drum memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara drum akustik dan drum elektrik.

Drum Akustik

Drum akustik adalah jenis drum tradisional yang telah digunakan selama berabad-abad. Drum ini terdiri dari ketukan atau drum bass, snare drum, dan tom-tom yang biasanya terbuat dari kayu atau logam. Ketukan atau drum bass adalah drum terbesar dan sering dimainkan dengan kaki, sementara snare drum adalah drum yang memiliki kepala atas dan bawah dan memberikan suara sentuhan khas. Tom-tom adalah drum kecil yang berbeda ukuran dan ditempatkan di atas atau di sebelah drum bass.

Kelebihan dari drum akustik adalah kualitas suaranya yang alami dan organik. Suara drum akustik dihasilkan secara langsung dari getaran drum dan memantul dari dinding ruangan, sehingga menghasilkan suara yang lebih hangat dan berisi. Drum akustik juga memberikan pengalaman yang lebih terhubung secara emosional, karena pemain dapat merasakan getaran dari suara drum yang dimainkan.

Namun, drum akustik juga memiliki kekurangan yaitu suaranya yang kencang sehingga dapat mengganggu lingkungan sekitar yang dapat menjadi masalah jika kamu tinggal di apartemen atau studio kecil. Selain itu, drum akustik membutuhkan perawatan dan perbaikan yang teratur, seperti penggantian kulit drum atau penyetelan.

https://www.melodiamusik.com/product/kyre-orpheus-drum-kit/

Drum Elektrik

Drum elektrik adalah jenis drum yang lebih modern dan menggunakan teknologi digital untuk menghasilkan suara. Drum elektrik terdiri dari pad drum dan trigger elektronik yang menghasilkan suara drum. Pada drum elektrik, suara drum dihasilkan melalui sistem speaker atau headphone yang terhubung ke drum kit.

Kelebihan dari drum elektrik adalah kemampuannya untuk dimainkan dengan sangat tenang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing drummer. Drum elektrik juga dapat disesuaikan dengan berbagai macam suara drum dan efek, serta dilengkapi dengan berbagai fitur modern seperti rekaman digital dan metronome digital yang dapat membantu pemain untuk memperbaiki keterampilan mereka.

Namun, drum elektrik juga memiliki kekurangan yaitu kurang memiliki kualitas suara yang alami dan organik seperti drum akustik. Selain itu, drum elektrik sering kali terasa kurang responsif dan tidak memberikan getaran yang sama seperti pada drum akustik.

https://www.melodiamusik.com/product/roland-vad507-v-drums-acoustic-design-full-set/

Kesimpulannnya baik drum akustik maupun drum elektrik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Drum akustik memberikan suara yang alami dan organik serta pengalaman yang lebih terhubung secara emosional. Namun, drum akustik menghasilkan suara yang sangat kencang dan memerlukan perawatan yang teratur. sedangkan drum elektrik dapat dimainkan dengan sangat tenang dan disesuaikan dengan kebutuhan pemain. Drum elektrik juga dilengkapi dengan berbagai fitur modern yang dapat membantu pemain untuk memperbaiki keterampilan mereka, namun suara yang dihasilkan tidak selalu terdengar alami dan organik seperti pada drum akustik.

Ketika memilih antara drum akustik atau drum elektrik, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi musik kamu. Jika kamu tinggal di lingkungan bertetangga atau memerlukan kemampuan untuk bermain drum di tempat yang tenang, drum elektrik mungkin pilihan yang lebih cocok untuk kamu. Namun, jika kamu mencari pengalaman bermain drum yang lebih alami dan organik, drum akustik mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.