Tips merawat drum yang baik

Suatu barang yang mempunyai fungsi pasti membutuhkan yang namanya perawatan. Tidak hanya mobil dan motor saja, tapi alat-alat musik yang merupakan instrumen penyalur kesenangan atau hobi juga butuh perawatan. Salah satunya adalah drum. Drum merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Dalam drum set terdapat beberapa bagian instrumen yang yang menyatu dalam sebuah drum set seperti bass drum, snare drum, cymbal, beberapa tom dan floor drum. Ini merupakan komposisi drum set standar pada umumnya.

 

 

Perawatan drum sebetulnya tidak terlalu sulit dan merepotkan. Untuk masalah pengeluaran dalam bentuk uang pun juga relatif kecil, kecuali memang harus ada pergantian komponen drum misalnya cymbal yang pecah dan harus diganti dengan yang baru. Berikut ini adalah cara merawat drum yang baik untuk menjaga drum awet lebih lama.

 

  1. Gunakan Minyak Pelumas Pedal Drum

Gunakanlah minyak pelumas khusus untuk pedal drum. Bagian pedal drum untuk jangka waktu yang lama, kadang akan menimbulkan sedikit karat sehingga jika pedal digunakan akan berbunyi-bunyi. Ini tidak bagus untuk di gunakan saat anda perfom di atas panggung. Gunakanlah pelumas pedal drum untuk menghindari karat.

 

  1. Gunakan Minyak Pembersih

Gunakan minyak atau pelumas pembersih di bagian-bagain penting drum. Misalnya bagian cymbal drum menggunakan minyak khusus pembersih cymbal atau biasa disebut cymbal cleaner. Kemudian bersihkan pula bagian yang ada besinya dengan minyak antikarat juga. Minyak-minyak ini banyak tersedia di toko-toko alat musik.

 

  1. Membersihkan Drum

Membersihkan drum dengan rutin tentu membuat drum menjadi lebih awer, usahakan setiap sehabis memakai drum langsung dibersihkan dengan lap hingga bersih. Dari mulai cymbal sampai semua bagian drum. Jika tidak sedang latihan pun tetap dibersihkan dengan dilap dengan kain, karena uap air, dan suhu-suhu yang berubah-ubah dapat menyebabkan karat pada besi di bagian-bagian drum. Dengan berkarat akan menurunkan perfoma drum.

 

  1. Mengencangkan Membran Pada Drum

Keempat, selalu mengecek seluruh membran di drum apakah kendor atau tidak. Pastikan membran-membran pada drum dalam kondisi pas kencangnya, jangan sampai kendor karena jika membran dalam keadaan kendor lalu tetap dimainkan, bisa membuat kerusakan pada membran-membran drum. Gunakan kunci drum untuk mengencangkannya.