Sabian HHX Anthology – Simbal Sultan Garapan Sabian di Ultah ke-40

Salah satu lini simbal terbaru Sabian adalah Seri Anthology, yang merupakan rangkaian simbal berkualitas tinggi yang terlihat dan terdengar luar biasa keren. Simbal Sabian Anthology dibuat oleh Sabian dengan bantuan Jojo Mayer. Simbal ini berada di dalam lini HHX, dan merupakan salah satu simbal Sabian dengan kualitas terbaik dan… termahal.

HHX Anthology hadir dalam 2 versi, Low Bell dan High bell. Namun kali ini kita bahas yang low bell-nya. Perlu diketahui bahwa tidak ada label khusus apakah simbal yang lebih besar digunakan sebagai ride atau crash, karena memang bisa digunakan sebagai keduanya.

Sabian adalah salah satu merek simbal paling populer di dunia, dan mereka sudah ada sejak lama. Apa yang dulunya dimulai sebagai rival kecil Zildjian pada tahun 1981, kini telah berubah menjadi perusahaan besar. Nah, simbal Anthology dirancang sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-40 Sabian.

Simbal Sabian HHXAnthology

Simbal Anthology termasuk dalam lini Sabian HHX. Simbal yang ada di lini HHX sudah pasti bukan simbal abal-abal karena banyak simbal Sabian yang populer berasal dari lini ini. Sebelum simbal Anthology, Sabian lebih dahulu merilis lini HHX Complex. Simbal tersebut juga sangat populer, dan digunakan oleh begitu banyak drumer terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar Simbal HHX dikenal memiliki nada gelap yang musikal dan hangat. Simbal Anthology juga demikian sehingga tidak begitu jauh berbeda dari kebanyakan simbal HHX yang telah ada sebelumnya.

Simbal Anthology dan Jojo Mayer

Jojo Mayer berperan besar dalam pembuatan simbal Anthology. Dia juga merupakan salah satu artis Sabian yang telah berkontribusi banyak pada perusahaan di masa lalu. Saya pribadi senang jika ada pemain drum profesional ikut membantu dalam produksi simbal. Meskipun produsen simbal sangat berpengalaman, kebanyakan dari mereka bukanlah pemain drum yang sering manggung. Dengan begitu, yakinlah bahwa simbal ini akan perform dengan baik di atas panggung.

Mari kita bahas lebih dalam tentang simbal itu sendiri.

Yang kami suka dari simbal Sabian HHX Anthology adalah kegunaannya. Untuk hi-hats memang sudah jelas, tapi tidak ada perbedaan yang jelas antara simbal 18″ dan 22″. Kamu dapat menggunakan keduanya sebagai ride atau crash. Ide Sabian dan Jojo tersebut agar drumer punya lebih banyak kontrol atas suara dan ukuran yang digunakan. Keren, bukan?

Hanya ada 3 ukuran simbal yang tersedia dalam seri Anthology. Namun, kamu mendapatkan dua pilihan dengan masing-masing ukuran – low bell dan high bell. Beda lonceng, beda juga suaranya. Berikut ini adalah rincian dari setiap simbal di lini Anthology versi Low Bell

https://www.melodiamusik.com/product/sabian-14-inch-hhx-anthology-hi-hat-cymbals-low-bell/

HHX Anthology 14 “Low Bell Hi-Hats

Hi-hats versi low bell memiliki suara sedikit lebih lembut, dan tampilannya seperti hi-hats tradisional pada umumnya. Struktur loncengnya seperti yang biasa kamu lihat pada kebanyakan hi-hats. Meskipun sebagian besar kualitas tonal sama di setiap set hi-hats, versi low bell menghasilkan pitch sedikit lebih rendah. Jika kamu drumer tradisionalis, hi hats versi low bell mungkin cocok untukmu.

https://www.melodiamusik.com/product/sabian-18-inch-hhx-anthology-crash-ride-cymbal-low-bell/

HHX Anthology 18″ Low Bell

Meskipun loncengnya tidak begitu kentara, kami yakin kamu bakal suka dengan suara simbal HHX Anthology 18″ low bell. Saat memukulnya, kamu akan disuguhkan nada hangat nan indah yang beresonansi. Simbal ini juga sedikit lebih lembut daripada crash 18″ yang sebelumnya.

https://www.melodiamusik.com/product/sabian-22-inch-hhx-anthology-crash-ride-cymbal-low-bell/

HHX Anthology 22” Low Bell

Versi low bell memiliki suara crash yang kuat. Kendati demikian, suara dari simbal ini cenderung lebih cepat tenggelam ke dalam simbal lainnya ketika dimainkan dengan kit lengkap. Nada yang lebih rendah membuat simbal ini sempurna untuk crashing. Simbal ini juga menghasilkan suara yang sangat bersih dan tidak dominan. Kedua simbal 22″ dipalu dengan indah menggunakan tangan, dan kamu dapat melihat tekstur yang dipalu di sepanjang permukaan simbal hingga ke ujungnya.

Simbal HHX Anthology merupakan bagian dari perayaan empat puluh tahun craftmanship Sabian, dan simbal ini adalah yang terbaik dalam jajaran simbal Sabian saat ini. Menurut kami, simbal ini cocok untuk semua jenis musik; versi high bell sangat baik untuk pukulan yang membutuhkan sedikit tenaga, dan simbal low bell sangat bagus untuk ketukan yang lebih lembut.