Cara Berlatih Musik Secara Efektif

Dengan begitu banyak hal yang terjadi dalam hidup ini, kita tidak selalu punya waktu untuk latihan. Oleh karena itu, kita harus menggunakan waktu kita dengan bijak tapi juga mencapai hasil yang maksimal. Bagaimana kita melakukannya?

Kamu tidak perlu berlatih selama 8 jam sehari, dan juga tidak perlu bangun jam 5 pagi sekedar untuk berlatih. Bahkan jika pada awalnya kita ingin lama-lama berlatih, bisa tahan 2 jam saja sudah bagus, karena biasanya lewat dari itu latihan jadi kurang efektif.

Cobalah fokus pada kualitas ketimbang kuantitas. Maksudnya, latihan lama-lama juga tidak baik kalau tidak ada kemajuan. Ada beberapa teknik yang bisa membantumu memaksimalkan waktu latihan. Baca terus untuk mendapatkan beberapa saran bermanfaat!

 

catat

 

1. Gunakan jurnal latihan atau buku harian untuk mencatat perkembanganmu

Catat perkembanganmu dalam sebuah jurnal. Dengan begitu, kamu tahu letak kualitas bermusikmu sekarang dan seberapa jauh kamu sudah belajar.

  • Catat goal. Tentukan apa sasaran latihan tahun ini, entah itu power, kecepatan, teknik, atau jumlah lagu yang kamu pelajari. Kamu juga bisa melihat ke belakang apa saja yang sudah dicapai dalam beberapa bulan terakhir.
  • Buatlah jadwal. Hal ini agar kamu tahu apa yang ingin dilatih, durasi latihannya, sesuai dengan apa yang kamu inginkan.
  • Evaluasi. Lihat hasilnya setiap bulan dan rencanakan ke depan untuk bulan berikutnya.

2. Lakukan pemanasan sebelum latihan

Bahkan seorang atlet juga butuh pemanasan, begitu juga kamu. Pemanasan bisa dilakukan dengan cara melemaskan jari-jari, tangan, atau otot-otot vokal, dimulai dengan meraba/meregangkan/melantangkan/menyuarakan. Setelah selesai, kamu bisa lanjut latihan teknik atau memainkan lagu yang sedang dipelajari.

 

istirahat

 

3. Jangan lupa istirahat!

Duduk dan berlatih untuk jangka waktu yang lama tanpa istirahat pasti melelahkan, dan jika dipaksakan hasilnya tidak akan maksimal dan juga buruk bagi kesehatan fisik. Daripada melahap waktu latihan dalam sekali jalan, cobalah berlatih 30 menit, kemudian rehat 5 menit sebelum melanjutkan.

 

rekam

 

4. Saat latihan, jangan lupa rekam.

Setelah latihan, selanjutnya apa? Kamu perlu mengetahui hasilnya agar jika ada yang salah bisa diperbaiki. Rekam latihanmu, dan kamu dapat mendengarkan kembali kesalahan-kesalahan yang tidak disadari. Hal ini sangat penting bagi kamu yang minat lanjut rekaman di studio. Cobalah, kamu akan belajar banyak dari hanya melihat/mendengar apa yang sudah kamu rekam.

 

manggung

 

5. Manggung!

Mau tidak mau kamu harus berlatih tampil di depan umum. Semua itu akan menjadi motivasi ekstra dan indikator keberhasilan dari apa yang selama ini sudah kamu latih. Carilah acara terbuka yang memungkinkanmu mentas di situ. Jangan lupa bawa stand musik yang berkualitas agar penampilanmu semakin memukau.

Selamat berlatih!