Pilihan Ampli Orange Terbaik untuk Berlatih Gitar di Rumah

Untuk berlatih gitar di rumah, kamu perlu ampli kombo kecil dengan watt rendah, yang memiliki banyak fitur, seperti koneksi headphone dan efek bawaan. Di sisi lain, jika kamu menginginkan ampli untuk kebutuhan manggung sekaligus bisa digunakan di rumah, maka kamu butuh ampli yang lebih besar, watt lebih tinggi, dan attenuator untuk ‘mengecilkan’ volume agar bisa digunakan di rumah. Jika kamu seorang pemula, kamu dapat menerjemahkan ‘watt’ sebagai ‘potensial volume’. Artinya, semakin tinggi watt-nya, semakin tinggi tingkat volume yang dapat dicapai ampli tanpa distorsi.

Jika hanya untuk latihan di rumah, maka kamu bisa pilih ampli gitar dengan watt yang lebih rendah. Di sisi lain, jika kamu menginginkan ampli yang juga bisa dipakai manggung? Kamu butuh ampli dengan power lebih. Berikut adalah beberapa rentang watt sehingga kamu dapat menentukan watt yang sesuai untuk kebutuhanmu.

Rentang Watt

Ampli untuk Latihan di Rumah – 10W-50W (Solid-State Amp)
Ampli untuk Latihan dan Manggung – 50W+ (Solid-State Amp) atau 15W+ (Hybrid Amp) atau minimal 15W (Tube Amp)

Combo atau Head

Combo amp lebih disukai untuk latihan di rumah; Head-nya memiliki kabinet built-in yang siap digunakan. Selain itu, ampli jenis ini lebih murah daripada kombinasi head + kabinet. Memang, head dan kabinet terpisah jauh lebih keren, tapi harganya tidak murah. Itulah sebabnya, jika hanya digunakan sebagai ampli latihan di rumah, jenis combo biasanya lebih masuk akal dari segi harga.

Orange Crush Mini 3 Watt Micro Amp – Orange

Orange Crush Mini 3W (Cocok untuk Gitaris Pemula)

Orange’s Crush Mini merupakan ampli gitar standar yang sangat cocok digunakan untuk latihan. Meski kecil, ampli ini memiliki beragam fitur berguna.

Power Mini Crush hanya 3 watt dan merupakan model paling simpel dalam daftar kali ini. Ampli ini jelas dirancang untuk latihan, atau sekedar melakukan pemanasan di belakang panggung. Mini Crush menggunakan loudspeaker 4 inci yang memproyeksikan nadanya dengan sangat baik untuk sebuah ampli berukuran mini. Tersedia opsi kontrol nada, volume, dan sports tone untuk memudahkanmu membentuk nada.

Tersedia port headphone untuk latihan “senyap” dan dapat mendukung speaker eksternal 8 Ohm. Input aux dan port speaker terletak di bagian belakang. Orange Crush Mini juga dilengkapi dengan tuner terintegrasi, yang berguna untuk penyetelan cepat.

Fitur:

3 Watts
Integrated Tuner
Back-mounted Speaker and Auxiliary ports
Front-mounted headphone port
Volume, tone, and gain controls
4-inch loudspeaker

Orange Crush 12 Single Channel Guitar Amp Combo

Orange Crush 12 Combo Amp – Terbaik di harga Sejutaan

Orange Crush 12 adalah pesaing yang lebih kuat dari saudaranya si Mini. Ampli ini dibekali speaker 6 inci, lebih besar untuk proyeksi suara yang lebih luas dengan tombol EQ tambahan. Meski dilengkapi dengan speaker 6 inci, ampli ini tergolong portabel dan sangat cocok untuk latihan di rumah dan digunakan dengan pedal gitar tambahan.

Amplifier gitar 12 watt ini dilengkapi dengan equalizer 3-band yang sangat responsif sehingga memudahkanmu mengejar rentang nada yang kamu mau. Dengan overdrive dan tombol gain khusus, Crush 12 adalah pilihan yang sangat baik untuk pemula dengan genre musik yang lebih berat. Clean-nya cukup hangat dan padat, meski tidak terlalu jernih. Ampli ini mampu menghasilkan suara distorsi yang luar biasa hebat, memberikan nada yang agresif, cocok untuk genre rock.

Fitur:

12 watts
3-band EQ
Gain and drive knobs
6-inch speaker
Headphone out

Orange Crush 35RT

Orange Crush 35RT – Tonal yang Fleksibel dengan Harga Terjangaku

Ampli ini cukup powerful di jajaran Crush karena disokong power 35 watt, dengan speaker khusus 10 inci, dua saluran yang dapat dipilih, serta serangkaian fitur untuk mengejar nada yang berbeda. Desain dual-channel memudahkanmu beralih dengan mulus dari suara yang clean ke tone apa pun yang kamu atur pada saluran kedua.

Inilah yang membedakan Crush 35RT dari model lain; Dilengkapi EQ 3-band dan reverb bawaan dapat dikontrol dengan kenop terpisah. Crush 35RT mampu menghasilkan suara yang jauh berbeda dengan membalik switch pada channel-nya, yang sepenuhnya bisa diatur dengan kontrol dan kenop yang tersedia. Ampli ini juga menggunakan tuner terintegrasi untuk penyetelan cepat. Crush 35RT bisa dibilang ampli rumahan terbaik dari Orange karena dijejali banyak fitur yang dibutuhkan gitaris pemula atau menengah. Tone dan efek yang luar biasa, semuanya tersedia dalam ampli gitar yang sederhana.

Fitur:

35 watts
Buffered FX loop
Twin channels
True analog signal
CabSim feature

Orange Micro Terror 20W Hybrid Guitar Amp Head (MT)

Orange Micro Terror Head – Head paling Portable

Micro Terror Head merupakan adik dari Orange seri Tiny Terror yang ikonik. Ampli 20 watt ini dilengkapi dengan tabung 12Ax7 yang kuat, penstabil kaki yang nyaman, headphone out, input aux, dan EQ 3-band. Head-nya sangat portabel karena hanya berbobot kurang dari sekilo dengan tinggi +- 15 cm. Dengan begitu, ampli ini mudah dibawa-bawa saat manggung. Omong-omong soal manggung, Micro Terrors berdaya 20 watt ini bisa diandalkan dengan kabinet yang cukup besar dan sistem miking ke sistem PA venue.

Micro Terror menawarkan suara yang kuat. Meski tidak memiliki equalizer onboard khusus, tersedia kenop nada untuk membentuk suara gitar, yang mana cocok untuk gitaris berpengalaman. Micro Terror hadir dalam dua versi, versi ‘Original’ dan ‘Dark Terror’. Apa bedanya? Dark Terror mengandung penguatan tambahan dan nada rendah yang lebih rapat, pas untuk musik metal.

Ampli ini sangat cocok untuk gitaris minimalis yang hanya butuh sumber amplifikasi sederhana dengan pedal. Ampli ini kurang cocok buat pemula karena tidak memiliki banyak fitur. Kendati demikian, portabilitas dan tingkat volumenya dari sebuah ampli yang sangat kecil justru membuat ampli Orange yang satu ini jadi lebih menonjol.

Fitur:

20-watt amp
12AX7 tubes
Volume, tone & gain knobs
Headphone output
Auxiliary input
Built-in handle

Orange Tiny Terror 15W Guitar Combo With 12″ Speaker (TT15C)

Orange Tiny Terror Head – Mini Valve Amp Terbaik

Seri Tiny Terror dari Orange mempelopori ‘lunchbox amp’ yang kecil, bersuara lantang, portabel, tapi juga sangat aman untuk penggunaan di rumah. Jangan pernah meremehkan Tiny Terror 15 atau 7 watt karena valve amp jauh lebih keras daripada yang solid-state.

Ampli ini memiliki watt yang dapat dialihkan, artinya dapat beralih ke volume yang lebih ‘ramah kamar tidur’ tanpa kehilangan saturasi dan dinamika.

Amplifier ini dilengkapi dengan tabung EL84 dan 12AX7, yang bisa panas dengan cepat dan menghasilkan suara yang kuat. Tidak seperti Crush Mini atau Crush 12, Tiny Terror menghasilkan tone yang lebih clean dan penguatan nada yang luar biasa, terlepas dari volume atau watt.

Orange Tiny Terror Head adalah kepala ampli single-channel sederhana dengan EQ 3-band yang mudah digunakan dan dapat mengakomodasi kebutuhan latihanmu di rumah. Dalam hal tonal, Tiny Terror mencerminkan kemampuan Micro Terror. Keduanya dilengkapi dengan pengaturan dan kontrol equalizer yang sama. Namun, Tiny Terror memiliki tabung yang berbeda dan sonik yang khas. Dengan Tiny Terror, kamu bisa pakai alat ini sebagai ampli kamar tidur/rekaman dengan 7 watt, ampli latihan band dengan 15 watt, dan ampli manggung dengan kabinet besar di bawahnya; Sangat baik untuk musisi rekaman, karena ciri khas sonik dari tabungnya benar-benar fantastis. Namun, kamu harus menyiapkan mikrofon, kabinet, dan pedal agar hasilnya lebih optimal.

Fitur:

Switchable 15/7 watts
Two EL84 Tubes, two 12AX7 tubes
3-band EQ
Steel housing
Built-in handle

Orange Crush Pro CR60C

Orange Amplifiers Crush Pro CR60C 60W – Terbaik secara Keseluruhan

Dengan membandingkan semua fitur, kekurangan, dan kelebihan dari semua ampli yang ada dalam daftar ini, pilihan terbaik jatuh pada Crush Pro CR60C. Ampli ini disokong power 60 watt, dijamin mumpuni untuk digunakan sebagai ampli latihan di rumah. Dari segi kegunaan, Crush Pro CR60C 60W setara dengan 35RT dan Super Crush; kenop nadanya di panel juga jauh lebih baik, tidak seperti SC 100. Selain itu, Crush Pro CR60C dilengkapi dengan speaker VOTW 12 inci; jika dirasa terlalu lemah untuk urusan manggung, kamu cukup sambungkan ampli ini ke kabinet 16-ohm.

Orange Crush Pro CR60C adalah solusi yang tepat untuk apapun kebutuhanmu. Watt-nya yang luar biasa, tonal yang beragam, dan suaranya yang powerful menjadikannya ampli ini paling kompeten di seri Crush. CR60C mungkin lebih lemah dari Super Crush, tapi lebih cocok bagi pemula dan bisa diandalkan untuk pertunjukan live. Orange Crush Pro CR60C adalah pilihan yang sempurna untuk gitaris band, musisi rekaman, dan latihan di rumah.

Fitur:

60 watts
Two channels
3-band clean, 5-band dirty channel EQ
Analog signal
Digital reverb
12-inch VOTW Speaker

Sekarang kamu bisa pilih ampli Orange yang paling sesuai dengan kebutuhanmu di MelodiaMusik.com dan membelinya secara online atau offline. Melodia adalah distributor utama untuk ampli Orange.