Tifa Berasal dari Maluku dan Papua

Alat musik Tifa berasal dari Indonesia bagian timur, khususnya daerah Maluku dan Papua. Tifa adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul seperti gendang. Namun, bunyi yang dihasilkan Tifa terdengar lebih ringan.

Bentuk Alat Musik Tifa

Tifa berbentuk seperti tabung yang terbuat dari material kayu, umumnya dimainkan kala mengiringi upacara adat, pentas tari tradisional, menyambut tamu dan lain-lain. Bentuk alat musik ini sangat simpel dan dihiasi ukiran-ukiran yang mencerminkan seni budaya dari masyarakat setempat.

 

asal-tifa

 

Tifa telah menjadi identitas, khususnya bagi warga asli orang Papua dan juga Maluku. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh pria dewasa dengan cara dipukul seperti gendang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan menabuh alat musik Tifa kala meresmikan terminal bandara Kuabang, di Halmahera Utara, Maluku Utara.

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Memainkan alat musik Tifa sebetulnya tidak sulit, yakni dengan cara menabuh atau memukulnya sehingga suara yang dihasilkan layaknya suara gendang. Suara yang dihasilkan Tifa dipengaruhi oleh ukuran tifa itu sendiri dan kulit hewan yang dijadikan sebagai penutup. Jadi, semakin kering lapisan kulitnya, semakin indah suara yang dihasilkan Tifa.