10 Tips Merawat Gitar Listrik

Memastikan gitar tetap berfungsi dengan baik memerlukan perawatan secara berkala. Sayangnya, hal ini sering kali diabaikan. Dengan merawat gitar secara benar, kamu akan mendapatkan yang terbaik dari instrumen tersebut.  Di samping itu, kamu juga akan menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang.

Berikut adalah 10 tips perawatan gitar listrik yang sudah kami rangkum untuk Anda:

1. Tempat penyimpanan

Ini berhubungan dengan di mana kamu menyimpan gitar. Pastikan gitar disimpan di tempat yang aman, di mana tidak akan ada sesuatu yang jatuh menimpanya, dan di tempat di mana suhu dan kelembaban tidak akan merusaknya.

casing-gitar

2. Casing

Lindungi gitar listrik dengan casing gitar berkualitas. Solusi ideal adalah dengan menggunakan hardcase, tapi harganya lumayan mahal. Selain mahal, sewaktu menggunakan hardcase, gitar tak bisa dibawa di punggung. Inilah yang membuat kebanyakan gitaris kurang menyukai hardcase. Namun, kamu juga bisa menggunakan casing gitar yang lunak, empuk, tebal, dan tahan lama. Apapun jenis casingnya, yang penting berkualitas dan mampu melindungi gitar dengan sempurna.

transport gitar

3. Transportasi

Sering kali gitar rusak saat dalam perjalanan. Jadi berhati-hatilah dengan bagaimana kamu mengangkut gitar, apalagi saat menggunakan transportasi umum seperti perjalanan dengan menggunakan kereta atau pesawat.

Bahkan saat menggunakan pesawat, ada orang yang rela merogoh kocek untuk membeli bangku buat instrumennya. Bagi kebanyakan orang, cara ini tentunya kurang ideal. Yang terpenting di sini adalah, lakukan apa yang harus kamu lakukan untuk menghindari kerusakan alat ketika berpergian.

4. Periksa pengaturan gitar secara berkala

Gitar yang baru dibeli mungkin belum disetel secara profesional. Jika belum, kamu bisa meminta pihak toko untuk menyetelnya. Gitar perlu disetel dan dicek secara berkala sesuai kebutuhan.

5. Mengganti senar lama dengan yang baru

Seberapa sering kita perlu melakukannya memang masih menjadi perdebatan. Bagi sebagian musisi, mungkin setiap 6 – 8 minggu sekali, yang lain mungkin hanya memasang senar baru ketika akan manggung. Bagi banyak orang, mengganti senar malah lebih jarang dilakukan.

Selain penting dalam menyegarkan dan merevitalisasi suara gitar, mengganti senar memungkinkanmu untuk membersihkan dan memoles bagian-bagian yang sulit dijangkau saat senar dalam keadaan terpasang. Agar awet, selalu usap senar gitar dengan kain kering setiap kali Anda selesai memainkannya.

6. Debu

Usap dengan kain kering agar gitar tidak berdebu. Gunakan merek fret oil berkualitas untuk menjaga fretboard tetap smooth, bersih dan nyaman  saat dimainkan. Agar gitar listrik tampil kinclong setiap saat, kamu bisa pakai produk-produk dari Music Nomad.

music nomad

Music Nomad menyediakan produk perawatan Gitar, Drum, Band & Orkestra, Piano, dan Keyboard terbaik di pasaran. Formula revolusionernya dapat ditemukan di setiap produk mulai dari fretboard oil hingga cymbal polish. Music Nomad hanya menggunakan bahan-bahan yang ramah terhadap manusia dan instrumen. Itulah mengapa musisi dan teknisi peralatan di seluruh dunia menyukai produk perawatan instrumen dari Music Nomad.

7. Tidak lembab

Jauhkan gitar dari kelembaban. Tidak hanya gitar, kelembaban umumnya dapat menimbulkan jamur pada barang elektronik. Oleh karena itu, jangan simpan gitar listrik di ruangan yang lembab.

8. Bersihkan pickup

Jangan lupa bersihkan pickupnya! Debu dan sahabatnya dapat dengan cepat menumpuk dan menyebabkan noise pada suara gitar. Gunakan kain kering untuk membersihkannya.

9. Hati-hati saat membersihkannya

Jangan asal menyemprotkan produk pembersih langsung ke gitar. Kami sarankan semprotkan ke kain terlebih dahulu dan mencobanya di area kecil di bagian belakang atau di bawah gitar sebelum menggunakannya untuk keseluruhan bodi gitar. Jangan berlebihan, mulai dari yang kecil, dan lakukan dengan hati-hati.

10. Tool box

Tidak memiliki produk perawatan yang lengkap dapat menurunkan semangatmu untuk merawat gitar. Oleh karena itu, sangat disarankan memiliki tool box khusus gitar, dan kemudian mengisinya dengan semua yang diperlukan (yang akan terakumulasi dari waktu ke waktu), sehingga apa pun yang perlu dilakukan, kamu siap melakukannya dengan mudah.