Serupa Tapi Gak Sama, Ini Bedanya Gitar dan Bass

Betul gaes, gitar dan bass itu mirip tapi tidak sama. Bedanya di mana? Sabar, sebelum kita bedah perbedaannya, jangan lupa untuk bookmark website melodiamusik dulu. Jadi, perbedaan yang paling kentara antara gitar dan bass terletak pada jumlah senarnya, jenis senar yang digunakan dan cara kamu memainkannya.

Gitar

Gitar tergolong alat musik kuno dari peradaban Babilonia, sekarang wilayah Iraq dan Syria, dan sudah ada dari sekitar tahun 1300an SM. Alat musik ini terus berevolusi hingga sekarang.

Ada 2 jenis gitar: gitar listrik dan akustik. Pastinya, gitar akustik lebih dulu muncul ketimbang yang versi lisrik. Dari jenisnya, kita tahu bahwa memainkan gitar listrik perlu aliran listrik, tidak seperti gitar akustik. Nah, seperti dikatakan sebelumnya, salah satu perbedaan antara gitar dan bass terletak pada senarnya yang berjumlah enam senar. Senar yang digunakan gitar juga lebih ramping ketimbang senar bass. Gitar dimainkan dengan cara dipetik. Biasanya, gitar dipetik dengan menggunakan jari atau pick.

Bass

Tidak seperti gitar, bass memiliki jumlah senar 4 buah. Cara memainkannya pun sedikit berbeda yaitu dengan cara dibetot, tapi bisa juga dimainkan dengan cara dipetik. Selain itu, jenis senar yang digunakan juga lebih tebal, beda dengan senar gitar yang ramping. Secara fisik, bass sekilas terlihat seperti gitar listrik. Namun, kamu bisa membedakannya dari neck-nya yang panjang dan bodinya yang kecil. Kendati demikian, bobot bass lebih berat ketimbang gitar. Biasanya, bass harus dicolok ke ampli agar suaranya lebih keras.

Nah, hanya itu sih bedanya, sekarang lanjut pilih gitar listrik dan bass di melodiamusik.com.