Sekilas tentang Synthesizer Moog

Synthesizer telah menjadi bagian integral dari proses produksi musik elektronik. Merek synthesizer yang paling terkenal adalah Moog, yang bisa dikatakan terdepan dalam industri ini sejak didirikan pada tahun 1954. Selama bertahun-tahun, Synthesizer Moog telah digunakan dalam banyak rekaman yang sudah tidak terhitung jumlahnya. Synthesizer Moog menjadi alat yang ikonik bagi para desainer audio dan musisi rock klasik, hip hop hingga EDM. Dari model legendaris Minimoog dan Memorymoog, hingga workstation modern seperti Subsequent 37 dan Moog One, Moog terus mendobrak batasan yang dapat dilakukan synthesizer. Berikut adalah sejarah synthesizer Moog dan bagaimana Moog tetap menjadi yang terdepan dan menjadi pilihan utama bagi banyak produser musik.

Apa yang dimaksud dengan Synthesizer Moog

https://www.melodiamusik.com/product/moog-grandmother/

Robert Arthur Moog mendirikan RA Moog Co pada tahun 1954 di Trumansburg, New York. Perusahaan ini lebih dulu membuat amplifier gitar dan Theremin sebelum membuat synthesizer modular pertamanya pada tahun 1964. Merek dagang soket dan kabelnya berasal dari sistem awal peralihan telepon (seperti PBX), yang juga sebagai sarana untuk membuat koneksi sementara. Istilah ‘Moog’ dengan cepat menjadi sebutan semua jenis synthesizer yang diproduksi pada waktu itu, bahkan oleh produsen di luar Moog.

Synthesizer Moog pada awalnya diadopsi oleh para komposer eksperimental. Namun, terobosan dan sukses secara komersial datang karena Switched-on Bach karya Wendy Carlos, pertunjukan karya-karya JS Bach yang dieksekusi dengan Moog modular dan direkam pada perekam multitrack delapan track.

Tidak mengherankan jika para pesaing Moog dengan cepat bermunculan – sebagai tanggapan akan hal ini, Moog mengembangkan Minimoog, versi portabel dari model modular terdahulu yang dinilai tidak praktis. Minimoog dijual antara tahun 1970 dan 1981 dengan ukuran jauh lebih praktis, yang akhirnya populer di kalangan musik pop, rock, dan jazz. Versi keempat dan terakhirnya, Model D, adalah Moog yang paling dikenal dan dicintai semua orang.

https://www.melodiamusik.com/product/moog-minimoog-model-d-2023/

Musik orkestra elektronik terbaik

https://www.melodiamusik.com/product/moog-mavis-semi-modular-analog-synthesizer/

Minimoog awalnya dirakit oleh salah satu insinyur RA Moog Co, Bill Hemsath, dengan menggunakan barang bekas dan suku cadang yang ada di sekitar kantor untuk membuat prototipe. Suaranya yang khas dan menghentak sebenarnya merupakan hasil dari kesalahan perhitungan sirkuit, bukan karena desain.

Minimoog menjadi penyebab terjadinya tren baru musik elektronik pada tahun 1970-an dan 1980-an, yang berdampak signifikan pada album-album seperti Thriller milik Michael Jackson, Rockit milik Herbie Hancock, dan ratusan album lainnya, mulai dari Ultravox hingga Simon & Garfunkel. Tahun 1990-an bahkan menjadi saksi kebangkitan synth ‘vintage’, karena tidak ada yang dapat mereproduksi mentahan dari sirkuit analog Minimoog.

Moog dan Minimoog rakitan original yang masih berfungsi dengan baik saat ini masih dihargai puluhan juta rupiah. Untuk pengalaman langsung dengan semua model Moog, kamu bisa mengunjungi Melodiamusik.com atau langsung kunjungi showroom kami di Melodia Pondok Indah.