Mengapa Kamu Perlu Guitar Stand

Gitar yang kamu beli mungkin sudah dilengkapi dengan semua yang dibutuhkan untuk bermain. Jadi, mengapa masih perlu guitar stand? Tiga manfaat utama dari penggunaan stand gitar: perlindungan, kenyamanan, dan tampilan. Mari kita bahas topik-topik ini dan juga cara memilih stand gitar terbaik untuk kebutuhanmu.

Perlindungan

Sesudah latihan, jangan sandarkan gitarmu di dinding atau perabotan karena beresiko tergelincir dan jatuh. Hal ini sering menyebabkan gitar rusak. Kemungkinan besar gitarmu bakal lecet di bagian bawah jika langsung disandarkan di atas lantai.

Stand gitar yang kokoh akan menjaga gitar tetap tegak lurus dan tidak mudah jatuh. Bagian dudukan juga dilapisi material yang aman untuk bodi gitar dan tidak menyebabkan lecet.

Kenyamanan

Apa yang tidak terlihat, biasanya tidak terpikir. Berlatih merupakan bagian terpenting untuk meningkatkan kemampuan sebagai pemain gitar. Semakin sering kamu lihat gitarmu, semakin besar niatan untuk berlatih. Jika kamu masukan gitar ke dalam tasnya, lalu disimpan di bawah tempat tidur atau di lemari, kamu bakal lebih sering lupa untuk berlatih. Lagian, upaya yang dibutuhkan untuk mengeluarkan gitarmu dari tempat persembunyiannya sering kali membuatmu jadi ogah-ogahan.

Gitar yang diletakan di stand gitar akan lebih mudah dijangkau. Banyak dari kita yang super sibuk, dan terkadang hanya bisa meluangkan beberapa menit untuk berlatih. Itu sebabnya semakin mudah kamu raih gitarmu, semakin baik. Dengan meletakan gitar di atas stand, tuner tetap pada posisinya sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk menyetem gitar.

Tampilan

Dengan stand gitar, alat ngamenmu bakal terlihat sangat bagus dan artistik dalam sebuah ruangan. Banyak gitaris tertarik dengan sebuah gitar karena estetikanya, jadi kamu kudu memamerkannya! Jika kamu ingin cara yang lebih dekoratif, gunakan stand gitar jenis wall mount yang bisa dipasang di dinding. Jika peletakannya demikian, hindari sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan lengkungan jika fluktuasi suhu cukup besar.

Guitar Stand Mana yang Harus Saya Pilih?

A-frame

A-frame

Stand gitar A-frame memiliki desain paling sederhana, dan sering digunakan di toko gitar. Stand gitar model tersebut tergolong kokoh dan kompak, dengan mekanisme yang dapat dilipat untuk penyimpanan. Pilih model A-frame jika kamu hanya memiliki sebuah gitar, dan menginginkan stand gitar yang mudah dipindahkan.

Multi-Stand

Jika punya lebih dari satu gitar, ada baiknya membeli stand gitar yang dapat menampung beberapa gitar sekaligus. Model multi-stand jamak terlihat di lingkungan studio, di mana kamu dapat memilih gitar yang paling sesuai dengan lagu yang sedang dikerjakan. Di Melodia Musik, kami menyediakan multi-stand yang dapat menampung 3 gitar, 5 gitar, atau bahkan 7 gitar.

Wall Hanger/Wall Mount

Jika ruang lantainya terbatas, atau jika ingin sesuatu yang lebih dekoratif, kamu bisa pilih stand gitar model wall mount. Model wall mount tidak melulu universal seperti A-frame karena bentuk headstock dan profil neck bervariasi tergantung model gitarnya. Stand wall mount bisa disetel, tapi tidak semuanya, jadi jangan lupa bawa gitarmu saat membeli dudukan gitar yang dipasang di dinding.