Jenis Musik yang Didominasi Permainan Gitar Penuh Improvisasi adalah Blues

Permainan gitar yang penuh improvisasi di dalam sebuah musik berawal dari benua Amerika; jenis musiknya adalah blues.

Kaum imigran asal Afrika yang dijadikan budak di Amerika kala itu berperan besar dalam mengembangkan blues. Musik blues memiliki ciri khas permainan gitar yang penuh dengan improvisasi.

Kelahiran musik blues terjadi di awal abad ke-20. Orang Afrika-Amerika menciptakan musik blues yang tidak lain adalah bentuk musik folk sekuler (sumber Encylopedia Britannica).

Di era 60-an di AS, musik blues yang simpel dan ekspresif memberi pengaruh penting pada perkembangan musik seperti jazz, rock, country, r&b, dll. Blues pada dasarnya adalah bentuk vokal. Karena lebih mengutamakan ekspresi perasaan ketimbang naratif, lagu jenis blues dinilai lebih lirikal.

Blues sendiri berasal dari kata blue devils. Istilah tersebut berhubungan dengan halusinasi seseorang pecandu alkohol. Genre musik blues, yang berasal dari kata blue devils, mencerminkan depresi atau kekesalan yang sarat dengan lagu-lagu melankolis.

Meski belum ada data akurat, banyak yang meyakini bahwa musik blues muncul setelah Civil War pada tahun 1861 hingga 1865. Orang Afrika Amerika serta keturunannya melahirkan genre ini kala diperbudak di perkebunan.

Inspirasi bermusik didapat dari teriakan di perkebunan, himne, festival, dll. Selain itu, inspirasi juga didapat dari musik yang saat itu populer di kalangan kulit putih di selatan AS.

Tahun 1890 dan awal 1900-an menjadi catatan musik blues paling awal yang pernah terekam . Pentolan band black W.C Handy merilis Memphis Blues di tahun 1912 yang kemudian menjadi sangat populer.

Setelahnya, Tin Pan Alley banyak merilis lagu-lagu blues. Tin Pan Alley merupakan kelompok penulis lagu dan penerbit musik di New York City. Mereka mendominasi musik di AS dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Hingga saat ini, musik blues telah banyak memberikan pengaruh terhadap style musik. Lucunya, pengaruh terbesar musik blues ada pada musik rock, dan bukan jazz, r&b dan soul yang jelas-jelas lebih erat hubungannya.

Rocker legendaris, Elvis Pesley, kerap memasukan materi blues ke dalam karya-karyanya. Selain Elvis, rocker asal Inggris seperti Eric Clapton, Rolling Stones dan musisi asal Amerika seperti Mike Bloomield, Allman Brothers Band juga sangat dipengaruhi musik blues.

So, jenis musik yang didominasi permainan gitar penuh improvisasi adalah blues