Sang Inovator Ampli Bass, Gallien Krueger

Bagi kamu yang sering keluar masuk studio musik dan bahkan sering manggung, nama Gallien-Krueger tentu sudah tidak asing lagi. Baik di studio musik maupun di atas panggung, amplifier bass Gallien-Krueger jamak terlihat dan dianggap sebagai salah satu amplifier bass paling mumpuni dan bertenaga di segala bidang. Meski begitu, bagaimana perjalanan Gallien-Krueger hingga dipercaya sebagai salah satu merek amplifier berkualitas?

Sebelum menjadi Gallien-Krueger, Robert Gallien sebagai salah satu pendiri merek ini terlebih dahulu mendirikan perusahaan bernama GMT pada tahun 1968. Cikal bakal dari Gallien-Krueger merupakan usaha kecil dari Robert Gallien untuk mendesain amplifier alat musik. Proses produksi yang dilakukan GMT dilakukan di garasi rumahnya. Saat itu, Robert Gallien masih bekerja sebagai teknisi di perusahaan teknologi Hewlett-Packard.

Gallien Krueger MB 115 II Combo

Di waktu senggangnya, salah satu pendiri Gallien-Krueger ini terus mengasah kemampuannya dalam mendesain amplifier. Ketekunannya menghasilkan dua amplifier yang diberi nama GMT 226A dan 226B. Saat pertama kali dipasarkan, kedua amplifier rancangan Robert Gallien ini dianggap sebagai sesuatu yang unik. Pasalnya, dibandingkan dengan amplifier massal yang menggunakan tabung, amplifier buatannya didesain untuk dapat beroperasi dengan menggunakan transistor.

Saat masih menggunakan GMT, Robert Gallien tidak memfokuskan untuk membuat amplifier-nya hanya untuk digunakan oleh pemain bass. GMT 226A adalah amplifier gitar yang cukup mumpuni. Bahkan, musisi Carlos Santana merupakan salah satu musisi yang tertarik untuk memiliki amplifier ini pada awal kemunculannya. Amplifier pertama yang didesain oleh Robert Gallien ini juga dapat dilihat di panggung Woodstock. Akhirnya pada tahun 1970-an, Robert Gallien memutuskan untuk mengajak Rich Krueger untuk bergabung dalam proyek amplifiernya sehingga nama GMT diubah menjadi Gallien-Krueger.

Gallien Krueger CX410

Ketika bergabung menjadi Gallien-Krueger, perusahaan milik Robert Gallien dan Rich Krueger ini tidak langsung berubah haluan menjadi produsen amplifier khusus bass. Amplifier bass pertama yang diproduksi oleh Gallien-Krueger baru hadir pada tahun 1983. Pada tahun tersebut Gallien-Krueger meluncurkan amplifier bass dengan nomor seri 800RB. Seri amplifier bass ini juga yang membuat nama Gallien-Krueger melejit sebagai salah satu produsen amplifier alat musik berkualitas.

Para pemain bass profesional saat itu memberikan apresiasi yang cukup positif terhadap kehadiran amplifier bass pertama dari Gallien-Krueger. Amplifier bass pertama garapan Gallien-Krueger ini dinilai punya karakteristik yang kuat dan reaksi suara yang instan. Karakteristik ini cukup menarik bagi para pemain bass di ranah rock yang mengharuskan mereka bermain cepat. Musisi seperti Flea dari Red Hot Chili Peppers, Duff McKagan dari Velvet Revolver dan Guns N’ Roses, Tom Hamilton dari Aerosmith, dan Ted Dwane dari Mumford and Sons hanyalah segelintir dari nama-nama musisi kondang yang setia menggunakan ampli bass Gallien-Krueger.

Gallien Krueger 410 MBE

Di luar seri flagship, Gallien-Krueger juga mendesain amplifier bass MB200 yang revolusioner. MB200 merupakan bass amplifier dari Gallien-Krueger yang didesain sebagai bass amplifier kecil dan ringan dengan kapasitas daya 200 watt yang juga menginspirasi produsen amplifier lainnya. Selain itu, Gallien-Krueger juga mendesain 250BL untuk pertama kalinya, yang merupakan amplifier bass pertama dengan fitur channel switch. Fitur-fitur dan inovasi tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Gallien-Krueger masih menjadi produsen amplifier bass yang diminati banyak orang.

Pada awal tahun 1990-an, Gallien-Krueger akhirnya secara resmi menghentikan lini produksi amplifier gitar elektrik mereka. Sejak saat itu, fokus utama Gallien-Krueger adalah mendesain amplifier dan speaker kabinet bass yang dapat mengikuti perkembangan zaman dari segi teknologi, fitur, dan daya tahan agar tidak termakan oleh waktu.