0

No products in the cart.

Condenser Mic


Jual Condenser Mic Terlengkap

Melodiamusik.com menjual perangkat / peralatan condenser mic terbaru dari berbagai merk berkualitas terbaik dengan harga murah, seperti microphone AKG, SE Electronics, Rode, MXL, Manley, dll . Tersedia condenser mic untuk kebutuhan home studio recording atau studio rekaman profesional. Selain melayani penjualan online, untuk Anda yang berada di Jakarta, Surabaya, Jogja & Bali Anda juga dapat mendatangi toko alat musik kami yang terdekat dengan Anda. Beli condenser mic online di melodia musik pun sangat mudah, Anda hanya perlu memilih condenser mic yang Anda ingin kan melalui katalog produk kami dan mengisikan form order di website ini, dan kami akan kirimkan pesanan langsung ke rumah Anda. Kami juga menyediakan pembayaran secara bank transfer ataupun cicilan tanpa menggunakan kartu kredit, Anda hanya perlu mengajukan aplikasi kredit menggunakan kredivo. Segera pilih condenser mic favorit Anda hanya di melodiamusik.com

Condenser Mic – Tips Memilih Microphone Terbaik untuk Pengisi Suara

Mencari mic atau microphone berkualitas yang mampu mendukung aktifitas rekaman bisa sedikit menyulitkan. Saat ini, kita dibanjiri beragam produk mic vocal, dan setiap orang punya opini sendiri mengenai pilihan mic-nya. Namun, sering timbul pertanyaan tentang mic apa yang baik digunakan untuk pengisi suara.

Ada banyak faktor yang harus dipikirkan sewaktu membeli microphone, seperti dana yang kamu punya, jenis sound yang kamu inginkan dan bahkan besar ruang rekaman. Faktor-faktor tersebut bisa membantumu dalam memilih mic yang tepat. Menurut situs melodiamusik.com, 25% responden memilih mic dengan cara coba-coba.

Ahli audio, Bob Breen, dari Armor Pro Audio, telah bekerja di industri audio selama lebih dari 25 tahun dan memiliki segudang pengalaman seputar microphone. Pada kesempatan kali ini, Bob ingin berbagi tips tentang bagaimana menemukan mic yang cocok dengan suaramu dan akhirnya bisa membantumu dalam proses rekaman.

Jenis dan Perbedaan Mic

Ada beragam mic vocal di pasaran, namun secara umum terdapat 2 jenis mic: condenser mic dan dynamic mic.

Apa yang dimaksud dengan condenser mic?

Condenser mic memiliki respon yang lebih sensitif. Karena diafragma lebih tipis, mic ini mampu bereaksi dengan cepat terhadap gelombang suara yang sangat lemah. Artinya, condenser mic dapat mengambil detail suara lebih banyak. Condenser mic paling direkomendasikan untuk rekaman suara studio. Meskipun super sensitif terhadap suara, mic ini cocok untuk rekaman suara karena hanya ada satu suara (suara kamu) yang perlu diambil, dan tidak bersaing dengan suara lain (seperti suara dari instrumen yang berbeda dalam rekaman musik).

Condenser Mic Kualitas Suara yang Lebih Superior

Karena massanya yang sangat rendah, diafragma condenser mic dapat mengikuti gelombang suara lebih akurat daripada dynamic mic. Condenser mic, oleh karena itu, menawarkan kualitas suara yang superior. Dari semua jenis microphone, condenser memiliki respon frekuensi terluas dan respon transien terbaik. Selain itu, condenser mic biasanya memiliki sensitivitas yang jauh lebih tinggi (yaitu output) dan noise yang lebih rendah ketimbang dynamic mic.

Di sisi lain, dynamic microphone tidak sensitif, yang artinya jika dibandingkan dengan condenser mic, dynamic mic merekam detail suara yang lebih sedikit. Namun, hal tersebut bisa bermanfaat untuk kualitas rekaman karena microphone ini tidak akan mengambil suara latar belakang apa pun. Secara umum, menghilangkan kebisingan latar belakang dapat bermanfaat jika kamu memiliki ruangan yang tidak kedap suara. Sebaliknya, jika ruang rekaman kamu kedap suara, kamu tidak perlu khawatir soal ini.

Nah, sekarang kamu telah memahami perbedaan dari 2 jenis microphone yang sering digunakan di studio rekaman. Sekarang waktunya memilih mic yang paling pas untuk kamu.

Bagaimana Cara Memilih Microphone Terbaik?

Mencoba mic yang kamu inginkan

Jika kamu kurang terbiasa dengan berbagai jenis mikrofon yang tersedia di pasaran, Bob menyarankan untuk meminjam microphone terlebih dahulu. Jika kamu memiliki teman atau kolega yang sudah memiliki microphone mereka sendiri, lihat apakah mereka dapat meminjamkannya sehingga kamu dapat membawa microphone ke dalam ruang rekaman dan mengujinya. “Coba mikrofon di tempatmu, gunakan seperti kamu ingin menggunakannya dan dengarkan,” kata Bob.

Cobalah Beragam Microphone Sebelum Kamu Memutuskan

Jika kamu mencoba sebuah mic dan kamu rasa suaranya terdengar baik, jangan berhenti sampai di situ. Cobalah beragam mic sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Ingatlah bahwa selalu baik untuk memiliki perbandingan dari beragam jenis untuk membantumu memilih mic yang terbaik.

Pilih mic yang bisa menangkap lebih banyak detail suara

Bob mengatakan jenis mic yang paling populer adalah condenser mic. Condenser mic cenderung menangkap lebih banyak detail suara.

Hindari mic genggam

Mic pentas atau mic genggam bukanlah mic terbaik untuk rekaman suara. Mic yang kamu miliki harus berdiri sendiri tanpa harus perlu dipegang. Hal ini penting untuk menghindari timbulnya suara eksternal akibat memegang mic.

Cek harga microphone, dan ketahuilah bahwa mahal itu tidak melulu baik.

Microphone yang cocok untuk suaramu tidak harus mic dengan harga termahal. Microphone terbaik adalah mic yang mampu kamu beli dan bisa digunakan untuk menyelesaikan apa yang kamu ingin kerjakan. Oleh karena itu, kamu harus bisa membedakan kriteria berdasarkan kebutuhan dan keinginan.

Ketahui Respon Frekuensi Microphone

Beberapa mikrofon seperti RE20 adalah mikrofon dengan diafragma besar yang dirancang untuk mengambil frekuensi yang lebih rendah seperti suara laki-laki yang dalam, bass drum atau bahkan gitar bass.

Mikrofon dengan diafragma kecil dirancang untuk mengambil frekuensi yang lebih tinggi seperti suara wanita, gitar akustik atau simbal. Biasanya, mic ini digunakan dalam orkestra atau sering juga digunakan di alat musik drum.

Berapa Hertz besaran suara manusia?

Suara laki-laki biasanya berada di kisaran 110-120 hertz
Suara perempuan biasanya berada di kisaran 200-210 hertz
Suara anak-anak biasanya berada di kisaran 300-400 hertz

Semakin tinggi vibrasi per detik, semakin “terang” suaranya.

Condenser Mic
4.7 (93.33%) 6 votes
Kategori Produk
Kategori Produk
Brands2913
Brands2913
AKG97
DBX48
EBS13
G&L45
GHS19
JHS31
K&M14
LTD16
MXL14
PRS61
SKB24
0878-7529-5340